Tips and Trick

Tips Menggulung Rolade Agar Bulat Sempurna

Menggulung Rolade

Rolade daging sapi adalah salah satu menu makanan favorit saya. Apalagi rolade buatan adik sepupu saya. Bentuknya bisa bulat sempurna dan padat, tapi tetap empuk dan lembut. Rasa gurihnya pun pas dan enak sekali.

Saat ngidam rolade, saya pun berusaha membuatnya sendiri di rumah dengan resep dari adik tentunya. Dulu saya pikir menggulung rolade itu ya tinggal digulung saja, tapi belakangan saya baru tahu jika ternyata menggulung rolade itu tak bisa sembarangan.

Menggulung Rolade

Menggulung Rolade

Ada beberapa trik khusus yang perlu dilakukan agar bentuk rolade bisa bulat, padat, dan rapi. Anda penasaran apa saja tipsnya? Cek infonya di bawah ini.

1. Gulung rolade dengan perlahan

Salah satu keunikan dari rolade adalah bentuknya yang bulat dan padat. Nah, untuk mendapatkan bentuk rolade yang sempurna, penting sekali bagi anda untuk menggulungnya dengan benar. Pertama-tama, susun kulit atau dadaran telur di piring datar, lalu taruh isian daging sedikit demi sedikit dengan ketinggian yang sama. Selanjutnya, tekan-tekan hingga isian rolade padat dan rata.

Gulung rolade dengan perlahan dan hati-hati, sambil selalu dipastikan gulungan sudah padat dan kokoh (tidak longgar dan terlihat goyah). Gulung terus rolade sampai habis lalu tahan sebentar.

2. Pilih bahan untuk membungkus dan menggulung rolade

Agar gulungan rolade tidak lepas dan bentuknya tetap konsisten saat dikukus, maka anda harus membungkusnya. Ada tiga bahan pembungkus rolade yang bisa anda pilih.

Tips Menggulung Rolade

Tips Menggulung Rolade

Tips Menggulung Rolade Agar Bulat Sempurna

Daun pisang

Bahan pertama yang bisa anda gunakan untuk membungkus rolade adalah menggunakan daun pisang. Agar hasil gulungan maksimal, pilih daun pisang yang masih muda agar lebih lemas dan mudah dibentuk. Atau jika anda hanya memiliki daun pisang yang sudah tua, anda bisa mengakalinya dengan menjemur atau memanaskannya di atas api kecil agar lebih lemas.

Susun beberapa lapis daun pisang untuk alas rolade agar tidak sobek. Selanjutnya, bungkus rolade sampai padat, lalu semat kedua sisi daun pisang dengan lidi agar gulungan daun tidak terlepas dan rolade tetap padat. Daun pisang sebagai pembungkus ternyata punya kekurangan yaitu warna kehijauannya yang bisa melunturi kulit dadar rolade.

Baca Juga : Bubur Seafood Kekinian 

Plastik tahan panas

Yang kedua, anda bisa menggunakan plastik. Caranya adalah letakkan plastik di permukaan datar, lalu taruh rolade yang sudah digulung dengan hati-hati. Selanjutnya, bungkus rolade sampai padat. Jangan lupa mengikat kedua sisi plastik dengan benang atau karet ya, agar bungkus plastik tidak terlepas. Perlu diingat, pastik yang digunakan harus plastik khusus yang tahan panas.

Jika anda menggunakan plastik biasa, plastik bisa meleleh atau bahan kimianya berpindah ke dalam makanan. Nah, agar plastik tidak mengembung saat dikukus, tutuk-tusuk permukaan plastik dengan jarum terlebih dahulu agar sirkulasi udara lancar.

 

Tips Menggulung Rolade Agar Bulat Sempurna

Alumunium foil

Jika ingin lebih mudah dan praktis, anda bisa menggunakan alumunium foil untuk menggulung rolade. Caranya adalah dengan menumpuk beberapa lembar alumunium foil untuk alas rolade. Pastikan tidak ada lubang ya agar rolade tidak bocor. Selanjutnya, letakkan rolade di tengah-tengah alumunium foil dan bungkus sampai padat. Pastikan anda memelintir kedua ujung alumunium foil dengan kencang agar bentuk rolade tetap padat.

3. Kukus rolade

Jika gulungan rolade sudah rapat dan dibungkus dengan benar, maka anda sudah bisa mengukusnya. kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai rolade matang. Pastikan anda mengisi air kukusan dengan cukup, agar rolade bisa matang dengan sempurna.

4. Pastikan rolade sudah dingin sebelum dipotong

Setelah rolade matang, jangan buru-buru melepas gulungan dan memotongnya. Sebab, tekstur rolade masih agak lembek jika panas. Tunggu beberapa saat sampai suhu rolade sudah sesuai suhu ruangan. Jika sudah dingin, barulah anda bisa mulai melepas gulungan rolade dan memotongnya. Pastikan anda menggunakan pisau yang benar-benar tajam agar rolade tidak hancur.

Menggulung rolade itu memang susah-susah gampang, tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Cukup ikuti saja instruksi di atas dengan benar agar anda mendapat hasil rolade sesuai dengan yang diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Resep Populer

Dapur Mamih

Situs Mamih Berbagi resep Masakan, Kue dan Minuman teruntuk Mamih Seluruh Dunia .

Copyright © 2017 Dapur Mamih

To Top

Maaf Bunda Kamu Offline